Title ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA KIMIA ANTIOKSIDAN DARI EKSTRAK ETIL ASETAT HASIL BIOPRODUKSI KAPANG ENDOFIT (PC-04) DARI BATANG CEMARA PAPUA (Papuacedrus papuana (F.Muell.) H.L.Li)
Edition
Call Number KF 1712/18
ISBN/ISSN
Author(s) SILVYA YURDAWITA - Personal Name
Partomuan Simanjuntak - Personal Name
Subject(s) Kimia Farmasi
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher FFUP
Publishing Year 2017
Publishing Place Jakarta
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK
(A) SILVYA YURDAWITA (2011210229)
(B) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA KIMIA ANTIOKSIDAN DARI EKSTRAK ETIL ASETAT HASIL BIOPRODUKSI KAPANG ENDOFIT (PC-04) DARI BATANG CEMARA PAPUA (Papuacedrus papuana (F.Muell.) H.L.Li)
(C) xiv + 52 halaman, 3 tabel, 17 gambar, 2 lampiran
(D) Kata kunci : batang cemara papua, Papuacedrus papuana (F.Muell.) H.L.Li., ekstrak etil asetat, antioksidan, DPPH.
(E) Cemara papua (Papuacedrus papuana (F.Muell.) H.L.Li) adalah salah satu tanaman langka yang tumbuh di dataran tinggi di Papua. Cemara papua merupakan tanaman obat yang memiliki aktivitas sebagai antioksidan dan antibakteri. Untuk menghindari berkurangnya populasi tanaman cemara papua akibat pemanfaatan oleh manusia, dimulailah penelitian mengenai kapang endofit cemara papua yang diduga dapat menghasilkan senyawa bioaktif yang mirip dengan senyawa yang dihasilkan tanaman inangnya. Salah satu ekstrak etil asetat dengan kode PC-04 dijadikan bahan dalam penelitian ini untuk mengetahui keberadaan senyawa kimia bersifat antioksidan dan mencari struktur senyawa kimianya. Ekstrak etil asetat (PC-04) dianalisis secara KLT menggunakan pelarut n-heksan-etil asetat = 10:1, kemudian dilanjutkan pemurnian dengan cara kromatografi kolom (SiO2, n-heksan-etil asetat = 20:1~1:1 dan metilen klorida-metanol = 5:1). Pada kromatografi kolom diperoleh 12 fraksi gabungan. Pada tiap fraksi dilakukan uji aktivitas antioksidan dengan metode KLT-bioautografi menggunakan DPPH secara semi kuantitatif. Diperoleh fraksi PP5 yang memiliki pola kromatogram yang baik, yang memiliki luas bercak yang lebih besar dan memiliki intensitas warna yang lebih kuat diantara fraksi lainnya. Kemudian fraksi PP5 dipisahkan dengan KLT-preparatif (n-heksan-etil asetat = 5:1) hingga diperoleh isolat X. Isolat X diidentifikasi berdasarkan interpretasi data spektra infra merah (IR) dan spektra kromatografi gas-spektra massa (KG-SM) dan dinyatakan salah satu senyawa kimia yang terkandung dalam ekstrak etil asetat adalah asam-6-oktadekenoat.
(F) Daftar pustaka : 41 buah (1983-2017)
(G) Prof. (ris) Dr. Partomuan Simanjuntak, M.Sc.
(H) 2017
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous