Title FORMULASI DAN EVALUASI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN MINUMAN KESEHATAN DARI EKSTRAK KERING DAUN CANTIGI (Vaccinium varingiaefolium (BI). Miq.)
Edition
Call Number TF 1197
ISBN/ISSN
Author(s) MERDIANA, SHINTA - Personal Name
Kosasih - Personal Name
Subject(s) Teknologi Formulasi
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher FFUP
Publishing Year 2017
Publishing Place Jakarta
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK
(A) SHINTA MERDIANA (2013210231)
(B) FORMULASI DAN EVALUASI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN MINUMAN KESEHATAN DARI EKSTRAK KERING DAUN CANTIGI (Vaccinium varingiaefolium (BI). Miq.)
(C) xviii + 99 halaman; 32 tabel; 12 gambar; 34 lampiran.
(D) Kata kunci : Antioksidan, Daun Cantigi, Minuman Kesehatan, Vaccinium varingiaefolium, uji stabilitas
(E) Daun Cantigi mengandung senyawa antioksidan antara lain golongan flavonoid dan triterpenoid. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui apakah daun Cantigi dapat diformulasikan menjadi minuman kesehatan yang stabil selama penyimpanan. Dalam penelitian, daun Cantigi di ekstraksi dengan etanol 96% dan dikeringkan dengan freeze dryer. Ekstrak kering daun Cantigi diuji aktivitas antioksidannya dengan metode DPPH, didapatkan nilai IC50 sebesar 15,74 bpj. Ekstrak kering dibuat menjadi minuman kesehatan dengan variasi dapar sitrat dengan pH 3,5; 4,5; dan 5,5. Dilakukan uji stabilitas pada suhu kamar dan dipercepat selama 1 bulan penyimpanan. Hasil evaluasi sediaan dari ekstrak kering daun Cantigi menunjukkan bobot jenis pada suhu kamar dan dipercepat formula I, II, dan III yaitu berkisar antara 1,02-1,04, serta hasil uji pH berkisaran antara 3,50-3,68; 4,56; dan 5,56-5,57. Hasil pengukuran aktivitas antioksidan setelah 1 bulan penyimpanan yaitu 26,15 bpj. Dapat disimpulkan bahwa sediaan minuman kesehatan dari ekstrak kering daun Cantigi relatif stabil selama penyimpanan baik pada suhu kamar ataupun dipercepat.
(F) Daftar Pustaka : 26 (1995-2014)
(G) Drs. Kosasih., M.Sc., Apt.
(H) 2017
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous