Title PERBANDINGAN KARAKTERISASI FISIKA GELATIN HASIL SINTESIS MENGGUNAKAN PERENDAMAN ASAM KLORIDA PRO ANALISIS DAN TEKNIS DARI TULANG IKAN TENGGIRI (Scomberomorus commerson)
Edition
Call Number KF 1656
ISBN/ISSN
Author(s) HILMAN, MUHAMMAD - Personal Name
Liliek Nurhidayati - Personal Name
Subject(s) Kimia Farmasi
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher FFUP
Publishing Year 2017
Publishing Place Jakarta
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK
(A) MUHAMMAD HILMAN (2013210145)
(B) PERBANDINGAN KARAKTERISASI FISIKA GELATIN HASIL SINTESIS MENGGUNAKAN PERENDAMAN ASAM KLORIDA PRO ANALISIS DAN TEKNIS DARI TULANG IKAN TENGGIRI (Scomberomorus commerson)
(C) xi + 81 halaman; 2 tabel ; 9 gambar ; 16 lampiran.
(D) Kata kunci: perbandingan karakterisasi fisika gelatin, sintesis gelatin, perendaman asam klorida pro analisis dan teknis, tulang ikan tenggiri (Scomberomorus commerson).
(E) Gelatin adalah protein yang diperoleh dari hasil hidrolisis parsial kolagen dari kulit, jaringan ikat putih dan tulang dari hewan. Pemanfaatan gelatin bukan hanya saja untuk produk pangan, tetapi juga pada produk non pangan. Gelatin di Indonesia masih merupakan barang impor, yang pada umumnya terbuat dari kulit atau tulang babi sehingga aspek kehalalannya perlu diperhatikan. Alternatif lain yang saat ini masih terus dikembangkan adalah bahan baku pembuatan gelatin yang bersumber dari tulang ikan. Telah dilakukan penelitian pembuatan gelatin hasil ekstraksi dari tulang ikan tenggiri (Scomberomorus commerson) dengan proses perendaman menggunakan asam klorida konsentrasi 4, 5, dan 6 % dengan variasi mutu pelarut pro analisis dan teknis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perlakuan konsentrasi asam klorida 6 % pro analisis maupun teknis memiliki rendemen yang tertinggi. Namun nilai kekuatan gelnya masih dibawah nilai yang dipersyaratkan menurut USP 38 yaitu dibawah 210 gram Bloom. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa karakterisasi fisik gelatin yang diperoleh dari tulang ikan tenggiri dengan perlakuan variasi perendaman konsentrasi asam klorida dan mutu pelarut tidak terdapat perbedaan yang bermakna.
(F) Daftar Pustaka : buah (33) ( 1957 – 2016 )
(G) Dra. Liliek Nurhidayati, M.Si, Apt.
(H) 2017
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous